Ad Unit (Iklan) BIG

7 Nama Neraka Dalam Islam Lengkap Dengan Penjelasannya

Post a Comment
Daftar isi [ Tampil ]
Nama-nama neraka dan penjelasannya - Setiap yang hidup pasti akan mengalami kematian, itu sudah menjadi ketentuan tuhan. Setelah mengalami kematian mereka akan mengalami kehidupan selanjutnya yaitu kehidupan di alam kubur untuk selanjutnya menunggu hari pembalasan.

Saat hidup di alam kubur mereka akan mengalami siksa kubur tergantung amal perbuatan mereka saat hidup di dunia.

Dan ketika hari pembalasan telah tiba mereka(jin, setan dan manusia) akan di timbang amal perbuatannya, Jika lebih berat amal buruknya maka mereka akan di masukkan ke dalam neraka sedangkan jika amal baiknya lebih banyak maka akan masuk ke dalam surga setelah sebelumnya melewati sirotol mustaqim.

Mengenai neraka akan kita bahas dalam tulisan ini lebih detail lagi, Menurut al qur'an dan hadist ada tujuh tingkatan neraka.

Berikut ini adalah nama neraka beserta penjelasannya menurut al qur'an dan hadist nabi muhammad SAW.
7 Nama Neraka Dalam Islam Lengkap Dengan Penjelasannya
Ilustrasi pintu neraka via youtube

Nama-nama Neraka di dalam Islam


1. Neraka Hawiyah


Allah SWT berfirman dalam al qur'an yang artinya :

Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. (Qur'an surat Al-Qoriah : ayat 8-11)

Neraka hawiyah di peruntukkan untuk orang-orang yang saat ditimbang amalnya ternyata timbangan amal baiknya lebih ringan daripada amal buruknya. Seperti di gambarkan pada ayat di atas neraka hawiyah mempunyai api yang sangat panas.

Jika saat di dunia kita tersulut api sedikit saja, maka kita akan merasakan panas sampai kulit melepuh dan rasa sakitnya baru hilang setelah beberapa hari. Lalu bagaimana jika kita di masukkan ke dalam neraka yang sangat panas.

2. Neraka Jahim


Allah SWT berfirman dalam al qur'an yang artinya :

Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.

Dan dikatakan kepada mereka: "Di manakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah (nya)

Selain Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri?

Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat

Dan bala tentara iblis semuanya.

(Qur'an Surat .Asy-Syu'araa :ayat 91-95)


Neraka Jahim disediakan bagi orang-orang yang sesat dengan menyekutukan Allah SWT. Mereka menyekutan Allah dengan memuja berhala-hala dari golongan jin dan manusia.
( baca juga : Inilah Gambaran Keadaan Neraka Menurut Al Qur'an dan Hadist Nabi )

Selain itu juga diperuntukkan untuk orang yang mendustakan ayat-ayat Allah, yakni manusia Islam yang berdosa. Mereka melakukan apa-apa yang menjadi laranagan Allah, Selain itu juga, orang kafir pun di masukkan ke neraka Jahim.

3. Neraka Saqar


Allah SWT berfirman dalam al qur'an yang artinya :

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab,”Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan.” (Qur'an Surat Al-Mudatsir : ayat 42 sampai 46)

Menurut ayat di atas penghuni neraka saqar mempunyai kriteria sebagai berikut :

Mereka adalah orang-orang yang selama hidup di dunia tidak mengerjakan sholat. Memang dewasa ini banyak orang yang mengaku beragama islam tetapi kebanyakan tidak pernah menjalankan sholat lima waktu bahkan ada juga yang tidak mengetahui bacaan sholat.(semoga saya tidak termasuk golongan ini).

Mereka adalah orang-orang yang tidak pula memberikan makan kepada para orang miskin, terutama mereka yang mempunyai harta berlimpah tetapi tidak peduli dengan keadaan sekelilingnya dimana terdapat banyak orang miskin yang susah untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

Mereka adalah orang-orang yang membicarakan yang bathil bersama orang lain yang juga membicarakannya, alangkah baiknya jika kita berbicara dengan orang lain kita membicarakan hal-hal yang baik saja serta saling memberi nasihat dalam hal kebenaran.

Mereka adalah yang mendustakan hari pembalasan, mereka terus menerus melakukan perbuatan buruk yang membuat semakin menumpuknya timbangan amal buruk mereka.

Semoga kita semua tidak termasuk golongan manusia yang mempunyai kriteria calon penghuni neraka saqar. Amin ya rabbal alamin.

4. Neraka Ladhoh, Luza


Allah SWT juga berfirman di dalam al qur'an yang artinya :

Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak, Yang mengelupaskan kulit kepala, Yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama). Serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya. (Al qur'an Surat Al-Ma'arij : ayat 15 sampai 18)

5. Neraka Huthamah


Allah SWT juga berfirman di dalam al qur'an yang artinya :

Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang. (Al qur'an surat Al-Humazah : ayat 1 sampai 9)

Setelah membaca ayat al qur'an di atas pasti anda bisa menyimpulkan siapa saja yang kelak menjadi penghuni neraka huthomah ini.

Mereka yang suka mengumpat, maksudnya orang yang suka mencela dan menjelek-jelekkan orang lain.

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di menjelaskan jika di antara sifat humazah dan lumazah yaitu hanya mengumpulkan harta saja, menghitung-hitungnya serta begitu tamak pada hartanya. Sedang mereka tidak memiliki semangat untuk menginfakkan harta mereka di jalan kebaikan atau yang lainnya.( baca juga : 12 Gambaran Siksa Neraka Yang Mengerikan Ini Akan Membuat Anda Berfikir 2 Kali Untuk Berbuat Dosa )

Sekarang tinggal bagaimana kita, apakah bisa menghentikan atau tidak hal-hal yang membuat diri kita di lemparkan ke dalam huthomah.

6. Neraka Sa’ir


Salah satu firman Allah SWT di dalam al qur'an dalam surat An-nisa ayat sepuluh yang mempunyai arti :

“Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya. Dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam api yang menyala-nyala(neraka)“.

Neraka ini diperuntukkan untuk mereka yang enggan mengeluarkan zakat atau bagi mereka yang mengeluarkan zakat namun tidak sesuai dengan nizabnya. Ingatlah saudaraku jika di dalam harta kita ada sebagian hak mereka yang membutuhkan.

7. Neraka Jahannam


Salah satu firman Allah SWT di dalam al qur'an dalam surat Al-Hijr ayat 43 yang berbunyi :

Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.

Neraka jahanam diperuntukkan oleh Allah bagi orang-orang yang durhaka kepada-Nya hingga di akhir usia mereka saat kematian datang. Bagi manusia yang selalu berbuat maksiat dan dosa tanpa bertaubat. Jahanam akan menjadi tempat kembali mereka saat hari pembalasan tiba.

Selain itu juga di sediakan bagi mereka para pengikut syetan, semoga kita semua tidak masuk ke dalam kriteria para pengikut setan agar terhindar dari api Jahannam.

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur'an,

“Dan orang-orang yang kafir kepada Rabbnya, memperoleh azab Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” (Al Qur'an Surat Al Mulk: ayat 6).

Ayat di atas menyebutkan jika jahannam merupakan seburuk-buruknya tempat untuk kembali, Oleh karena itu senantiasalah berbuat kebajikan dan meninggalkan apa yang di larang oleh Allah.

Semoga kita semua terhindar dari api Neraka dan siksaannya. Amiin ya Robbal Alamin.

Demikian sedikit pembahasan mengenai nama-nama neraka lengkap dengan penjelasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter