Ad Unit (Iklan) BIG

Lambang Pancasila dan Artinya Dari Sila ke 1 sampai 5

Post a Comment
Daftar isi [ Tampil ]
Pancasila merupakan ideologi dasar bangsa Indonesia. Nama Pancasila terdiri dari dua buah kata yang berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca yang bermakna lima dan sila yang bermakna asas atau prinsip.

Pancasila sendiri adalah rumusan dan juga pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk semua rakyat bangsa Indonesia.

Pancasila yang menjadi ideologi bangsa dan tersusun dari lima sila ini juga tergambar di lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Pancasila tergambar di bagian perisai pada bagian tengah burung Garuda Pancasila.

Pada bagian perisai tersebut masing-masing sila Pancasila tergambar dengan lima lambang yaitu bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng dan terakhir padi dan kapas. Berikut penjelasan lengkap tentang arti lambang Pancasila sila ke 1-5:

Arti Lambang Pancasila

Arti Lambang Pancasila
Lambang Pancasila via twitter.com

Arti Lambang Pancasila Sila ke 1:

Arti Lambang Pancasila Sila ke 1
satujam.com
Bintang dengan lima sudut melambangkan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Bintang menyimbolkan sebuah cahaya, seperti Tuhan yang menjadi cahaya kerohanian bagi seluruh umat manusia. Di bagian belakang bintang terdapat latar belakang yang berwarna hitam yang melambangkan warna asli atau warna alam, hal ini menunjukkan bahwa Tuhan merupakan sumber dari segala hal dan sudah ada sebelum semua sesuatu di dunia ini ada.

Arti Lambang Pancasila Sila ke 2:

Arti lambang Pancasila Sila Kedua
wikimedia.org
Rantai adalah lambang dari sila kedua Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai tersebut terdiri dari rantai yang berbentuk segi empat dan rantai yang berbentuk lingkaran yang saling berkaitan satu dengan yang lain membentuk sebuah lingkaran. Rantai dengan bentuk segi empat melambangkan laki-laki dan rantai dengan bentuk lingkaran melambangkan wanita. Rantai tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain melambangkan bahwa setiap rakyat laki-laki dan wanita perlu bersatu padu agar kuat seperti layaknya sebuah rantai.        

Arti lambang Pancasila Sila ke 3: 

Arti lambang Pancasila Sila Ketiga
1.bp.blogspot.com
Pohon Beringin adalah lambang sila ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia. Pohon beringin merupakan sebuah pohon besar yang dapat digunakan oleh banyak manusia untuk tempat berteduh yang menyejukkan di bawahnya. Hal ini melambangkan Bangsa Indonesia yang menjadi tempat berteduh bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu pohon beringin juga mempunyai akar dan sulur yang kuat dan menjalar ke sumua arah. Hal ini merupakan perlambangan dari keragaman suku bangsa di Indonesia yang bersatu.

Arti lambang Pancasila Sila ke 4:

Arti lambang Pancasila Sila Keempat
wikimedia.org
Kepala banteng adalah lambang sila keempat Pancasila, yang berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Banteng merupakan hewan yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi serta gemar berkumpul. Sama seperti musyawarah, Dimana orang-orang berkumpul untuk mendiskusikan suatu masalah ataupun dalam mengambil sebuah keputusan.


Arti lambang Pancasila Sila ke 5: 

Arti lambang Pancasila Sila Kelima
wikipedia.org
Padi dan kapas merupakan lambang dari sila ke lima Pancasila, yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Padi dan kapas melambangkan kebutuhan dasar setiap manusia untuk hidup yaitu sandang dan pangan. Sandang dan pangan yang terpenuhi adalah syarat utama tercapainya kemakmuran suatu bangsa. Hal ini sangat sesuai dengan tujuan utama sila ke5 pancasila.

Demikian pembahasan mengenai lambang pancasila dan artinya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Tulisan ini saya rangkum dari berbagai sumber.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter