Ad Unit (Iklan) BIG

Pengalaman mengambil dana JHT atau jaminan hari tua Jamsostek

Daftar isi [ Tampil ]
Berawal dari cerita seorang teman yang telah mengambil dana JHT dari jamsostek yang jumlahnya cukup lumayan saya juga menjadi tertarik untuk mencairkan dana JHT milik saya , tepatnya hari ini tanggal 21 juni 2013 saya telah selesai menarik tunai dana JHT milik saya jumlahnya cukup banyak sama dengan gaji kerja saya selama dua bulan .

Saya sendiri mengikuti jamsostek pada bulan mei tahun 2007 sehingga sudah melewati masa tunggu selama 5 tahun satu bulan , saya keluar dari tempat saya bekerja pada tahun 2010 sehingga kalau dihitung-hitung saya ikut jamsostek hanya selama 2,5 tahun . awalnya saya ragu untuk mengambilnya karena di pikiran saya mungkin cuma sedikit dananya tetapi setelah saya cek saldo JHT secara online melalui website resmi jamsostek yakni www.jamsostek.co.id  saya jadi tahu jumlah dana yang tersimpan secara pasti , nah karena tahu dana saya cukup banyak langsung saja saya meluncur kekantor jamsostek untuk pencairan dana JHT .

Untuk mencairkan dana jaminan hari tua dibutuhkan beberapa persyaratan seperti berikut ini :

1. Usia masa keanggotaan anda minimal 5 tahun ditambah masa tunggu selama 1 bulan ,dimana bulan dan tahun pertama bergabung ke jamsostek biasanya tertulis di kartu jamsostek milik anda .
2. Sudah tidak bekerja di perusahaan dimana kartu anda dibuat atau sudah keluar kerja dari perusahaan tempat anda bekerja .

Nah setelah anda memenuhi persyaratan di atas anda bisa mengajukan pencairan dana milik anda , ada beberapa persyaratan dokumen yang harus anda bawa dan lengkapi seperti :

1. KTP atau SIM asli dengan membawa fotocopynya sebanyak satu lembar .
2. Kartu keluarga asli berserta dengan satu lembar fotocopynya .
3. Surat pengalaman kerja dari tempat anda bekerja asli beserta satu lembar fotocopynya .
4. Kartu jamsostek andayang asli .
5. bila anda ingin nantinya dana anda di transfer ke rekening tabungan anda bawalah sebuah fotocopy buku tabungan anda .
Setelah semua persyaratan sudah ada di tangan anda langsung saja meluncur ke kantor jamsostek terdekat di kota anda , Untuk pencairan dana Jaminan hari tua kantor jamsostek membuka pelayanan mulai dari jam 09.00 pagi- 02.00 siang ( ini berdasar pengalaman saya ) .

Saya sendiri datang ke kantor jamsostek pada jam 11.00 siang kemudian mengisi form pengambilan yang telah disediakan lalu antri untuk pencairan , waktu yang dibutuhkan cukup lumayan yakni sekitar dua jam , dan dana langsung cair dan bisa dibawa pulang .

Untuk cara pengambilan sendiri ada tiga cara yaitu :
1. pengambilan melalui transfer bank ke rekening pemohon .
2. pengambilan secara tunai di kantor jamsostek .
3. pengambilan secara berkala selama kurun waktu lima tahun .

Jangan ragu bila anda ingin mencairkan dana milik anda asalkan persyaratan lengkap dana bisa langsung di bawa pulang .

Related Posts

Subscribe Our Newsletter