Ad Unit (Iklan) BIG

Pembangkit listrik tenaga surya

Daftar isi [ Tampil ]
Pembangkit listrik tenaga surya - Pada saat ini sumber energi alternatif dan energi terbarukan sedang ramai menjadi perhatian banyak negara, Hal ini di karenakan sudah semakin berkurangnya cadangan energi yang berasal dari fosil seperti batubara dan minyak bumi. Salah satu sumber energi yang sedang banyak dikembangkan yaitu energi surya atau matahari.

Energi matahari merupakan energi yang tidak terbatas jumlahnya khususnya di wilayah tropis yang banyak menerima sinar matahari sepanjang tahun. Salah satu pemanfaatan energi surya adalah dengan mengubahnya menjadi energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya.

Pengertian Pembangkit listrik tenaga surya


Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang merubah energi matahari( surya ) menjadi energi listrik. Ada dua macam cara pembangkitan listrik, yaitu pembangkitan listrik secara langsung menggunakan photovoltaic dan pembangkitan listrik secara tidak langsung dengan melalui pemusatan energi surya.

Photovoltaic mampu mengubah secara langsung energi cahaya matahari menjadi listrik melalui efek fotoelektrik sedangkan pemusatan energi surya menggunakan suatu sistem lensa atau cermin yang dikombinasikan dengan sistem pelacak guna memfokuskan energi matahari ke satu titik tertentu untuk menggerakan mesin kalor.

Pembangkit listrik tenaga surya
image id.wikipedia.org
Tahukah anda jika Indonesia mempunyai PLTS terbesar pertama yang memiliki kapasitas hingga 2x1 MW terdapat di pula dewata alias Bali tepatnya di wilayah karangasem dan bangli.

Pembangkit listrik tenaga surya
image id.wikipedia.org

PLTS mempunyai beberapa keunggulan diantaranya

  1. Merupakan sumber energi yang ramah lingkungan karena tidak mengahasilkan polutan.
  2. Merupakan sumber energi yang tidak terbatas jumlahnya dan tersedia dalam jumlah yang banyak.
  3. Merupakan sumber energi yang gratis. ( he he he )
Sebenarnya setiap rumah bisa memiliki pembangkit listrik tenaga surya dengan memakai alat yang bernama solar sel .

Di negara kita tercinta indonesia, sinar matahari bersinar sepanjang tahun dan setiap hari alangkah baiknya jika PLTS semakin di perbanyak jumlahnya yang tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat indonesia.

Baca juga artikel :

Tenaga Surya, Energi Surya dan Pemanfaatannya
Contoh Sumber Energi Listrik
Pengertian Energi Kinetik dan contohnya lengkap

Demikian sekilas info tentang Pembangkit listrik tenaga surya yang saya rangkum dari berbagi sumber semoga bermanfaat bagi pembaca semua.[]

Related Posts

Subscribe Our Newsletter