Ad Unit (Iklan) BIG

Cara membuat makalah bahasa indonesia yang baik dan benar

Daftar isi [ Tampil ]
Cara membuat makalah - Bagi pelajar Membuat makalah merupakan salah satu tugas yang di berikan Bapak dan ibu pengajar. Pengertian makalah sendiri bisa berbeda-beda tergantung dari untuk apa makalah di buat.

Menurut kamus besar bahasa indonesia arti kata Makalah yaitu :

Cara membuat makalah bahasa indonesia yang baik dan benar
  • tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.
  • karya tulis pelajar atau mahasiswa yang di buat sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.
  • karya tulis ilmiah yang di tuangkan ke bentuk tulisan, lengkap dengan penjelasan dan faktor pendukung hasil penelitian  kesimpulan
Membuat sebuah makalah biasanya kita memiliki kecenderungan untuk mendapatkan tugas dari dosen SMU dan dosen universitas. Makalah ini bisa menjadi karya ilmiah yang dituangkan ke dalam bentuk pemberitahuan tertulis di samping bagian pendukung penjelasanya ilmiah.

Pada prinsipnya, makalah ini bisa menjadi tipe kecil penulisan karya ilmiah, meskipun demikian, harus tetap merenungkan bagian dari karya kritis pada kertas itu sendiri, sementara tidak itu kita tidak akan bisa menyebut karya tulis kita yang sebagai sebuah makalah yang baik.

Bagian-bagian dasar sebuah makalah terdiri dari:

  1. Cover ( hardcover maupun softcover)
  2. Judul
  3. Kata Pengantar / Prakata
  4. Daftar Isi
  5. Bab I    :    Pendahuluan
  6. Bab II   :    Isi
  7. Bab III  :    Penutup
  8. Daftar Pustaka
Perinciannya adalah sebagai berikut  :

1. Cover  berisi
  • Judul Makalah
  • Tujuan pembuatan makalah
  • Nama Pembuat
  • Logo Lembaga/ Institusi
  • Nama Lembaga, beserta alamat
  • Tahun Akademik.

     contoh membuat cover makalah :

"Cara membuat makalah bahasa indonesia yang baik dan benar"


Tujuan pembuat materi ini adalah memberikan contoh pembuatan makalah yang baik dan benar agar terjalin kerja sama yang baik antara blogger dan penulis



Ditulis oleh : damar yanti


Logo di sini



Kopi-ireng
Jakarta Barat, Indonesia
2013-2014



2. Judul Makalah

    ( Agar lebih mudah bisa sama seperti bentuk cover )

3. Kata Pengantar / Prakata

Mukadimmah atau pembuka , misalnya ucapan puji dan syukur sambutan dan lain-lain.....
Sekilas mencantumkan judul makalah

Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan sebuah makalah hingga proses berjalan lancar, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada .......

Penutup mukadimmah
Misal tentang pemberian kritik agar makalah anda menjadi lebih baik, saran dan kritik teman-teman kami harapkan agar makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi.

Tanggal dan  nama penulis
Misalnya semarang, 23 februari 2012
Joko tarub

   contoh kata pengantar yang baik dan benar  :


                          PRAKATA


Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul "Cara membuat makalah bahasa indonesia yang baik dan benar". Atas besarnya dukungan yang telah diberikan dalam proses penyusunan makalah dari awal hingga akhir ini, maka penulis mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada :

1. Bapak John Ali Spd, selaku guru pembimbing, yang telah memberikan bimbingan yang sangat bermanfaat untuk kami.

2. Bapak Ali Arifin S.Pd, selaku Bapak kepala sekolah, yang telah memberikan semangat dan dukungan yang luar biasa kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.


                                          
Misalnya semarang, 23 februari 2012


Joko tarub



4.    Daftar Isi

DAFTAR ISI mempunyai tujuan untuk memudahkan pembaca untuk mencari materi yang ada dalam makalah tersebut berikut contoh halamannya.


Halaman judul .................................................................................................................... i
Prakata ..............................................................................................................................ii
Daftar Isi ...........................................................................................................................iii




5. Bab I --- Pendahuluan

Dalam bab ini kita menerangkan konsep, rencana, gagasan, seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam Latar Belakang.

Tentukan juga Ruang Lingkup penelitian yang akan mencakup proses-proses yang digunakan untuk menuangkan permasalahan.

Tambahkan juga Tujuan dan Manfaat dari permasalahan yang sedang dibahas

6.    Bab II --- Isi

Uraikan isi atau materi makalah di sini, mulai dari:

  •    Definisi / Landasan teori,
  •    Ulasan materi
  •    Penyelesaikan masalah,
  •    Solusi , Hasil Peneltian
  •    Kontribusi terhadap permasalahan yang ada pada materi makalah
7.   Bab III --- Penutup / Kesimpulan dan Saran

Pada penutup ini,uraikan kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian atas apa yang telah berjalan, kelebihan dan kekuranan hasil penelitian, perhitungannya matematis nya
Berikan saran untuk keperluan penelitian akan datang, ataupun berikan saran kepada laboratorium sekolah, dan lain sebagainya dapat dicantumkan di sini.

8.    Daftar Pustaka

Merupakan bagian terakhir dalam penyusunan sebuah makalah, Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah tersebut. Perhatikan tata cara penulisan nama, gelar, jabatan agar tidak mengaburkan pengertian pustaka.

Daftar pustakan meliputi jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, interview juga bias dari website internet. Akan tetapi, keberadaan / keabsahan website internet untuk dijadikan referensi karya ilmiah masih menjadi pertentangan di kalangan akademisi

Dalam hal ini saya tidak menyarankan untuk mengambil data atau literatur dari website agar dapat menjadi sebuah karya yang benar-benar ilmiah.

Demikian cara membuat makalah yang baik dan benar semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.[]

Related Posts

Subscribe Our Newsletter