Ad Unit (Iklan) BIG

8+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Lengkap [+DOC]

Daftar isi [ Tampil ]
Contoh Surat Lamaran Kerja - Melalui artikel ini kami akan berbagi contoh surat lamaran pekerjaan lengkap dengan file doc yang bisa kamu download. Surat lamaran kerja merupakan salah satu kebutuhan penting yang tidak bisa ditinggalkan untuk melamar pekerjaan, baik itu kamu yang akan pindah kerja ke perusahaan atau pabrik lain, lulus sekolah maupun fresh graduate.

Kamu akan melamar kerja di PT sebagai karyawan? pasti kamu membutuhkan surat lamaran kerja serta cv. Jika kamu butuh dibawah ini kami berikan contoh surat lamaran kerja yang umum dipakai. Berdasarkan pengalaman kami, perusahaan biasanya meminta lamaran tulis tangan daripada surat print file doc, tetapi itu bukan masalah, kamu bisa menyalin file doc di lembar kertas folio dengan di tulis tangan.
Contoh Surat Lamaran Kerja
Bagi yang belum tahu cara membuat surat lamaran kerja pasti akan mengalami kesulitan dalam membuatnya, sama seperti yang saya alami ketika akan melamar kerja untuk pertama kalinya. Hal itu wajar saja, Nah daripada bingung kamu bisa contoh kumpulan berkas lamaran kerja di bawah ini.

Tips dalam menulis surat lamaran kerja:


1. Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar baik.
Perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja gunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar, baik penulisan kalimat atau ejaannya. Jadi bila kamu selesai menulis cobalah mengecek tulisan kamu sekali lagi untuk menghindari kesalahan.

2. Tulisan harus singkat, padat dan jelas.
Dalam membuat sebuah surat lamaran kerja buatlah uraian yang singkat dalam satu buah kertas ukuran A4 (kertas polio) sesuai dengan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja.

3.  Perhatikan kebersihan contoh surat lamaran kerja yang anda tulis.
Jangan sampai ada coretan yang tidak berguna pada kertas lamaran kerja anda, jika anda membuat kesalahan dalam membuatnya sebaiknya gunakan kertas baru dan buat lagi jangan menggunakan stipo atau tipe-x untuk menghapus tulisan yang salah, pastikan kertas harus dalam keadaan bersih.

Secara garis besar terdapat dua macam surat lamaran pekerjaan yaitu berdasarkan iklan dan berdasar dari inisiatif sendiri.

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Inisiatif Sendiri


Surabaya, 13 april 2013

Hal           : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 1 berkas ( tergantung jumlah berkas yang ada di lamaran )

Kepada    : Yth. Kepala bagian personalia
                  PT. Kopi Ireng
                  jalan kunyit no 5 surabaya
                  di tempat


Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan :

Nama                        : Aji fauzi
Tempat tanggal lahir   : Lamongan, 18 mei 1989
Pendidikan terakhir    : Smk N 1 Surabaya jurusan mesin industri
Status                        : Belum Kawin
Alamat                      : Jln. kacang ijo no 5 surabaya
no HP                        : 08912345678

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama surat ini saya lampirkan.

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir
3. Fotocopy SKCK dari kepolisian
4. Fotocopy Kartu identitas
5. Surat pengalaman kerja( bila ada )
6. Pas foto ukuran 4x6

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Besar harapan saya dapat diterima bekerja diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan waktu yang di berikan saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya

( tanda tangan )

Aji Fauzi


Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasar Iklan


Surabaya, 13 april 2013

Hal           : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 1 berkas ( tergantung jumlah berkas yang ada dilamaran )

Kepada    : Yth. Kepala bagian personalia
                  PT. Kopi Ireng
                  jalan kunyit no 5 surabaya
                  di tempat


Dengan hormat
Berdasarkan iklan yang di muat di situs kopi-ireng.com tanggal 13 april 2013 yang isinya menyatakan bahwa PT Kopi Ireng membuka lowongan untuk tenaga produksi, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 Nama                      :Abdul kholik
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 20 mei 1988
Pendidikan terakhir  : Smk N 1 Jakarta jurusan mesin perkakas
Status                      : Belum Kawin
Alamat                     : Jln. suramadu no 3 jakarta
no HP                       : 081345123789

Bermaksud mengajukan lamaran pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama ini saya lampirkan.

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir
3. Fotocopy SKCK dari kepolisian
4. Fotocopy Kartu identitas
5. Surat pengalaman kerja( bila ada )
6. Pas foto ukuran 4x6

Demikian lamaran ini saya ajukan besar harapan saya dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian yang diberikan saya ucapakan terima kasih.


Hormat saya

( tanda tangan )

Abdul Kholik


Nah jika kamu membutuhkan contoh yang lebih detail lagi kami berikan 11 contoh surat lamaran kerja pilihan dari yang paling sederhana sampai yang paling keren. Semuanya kami sesuaikan dengan eyd. Kami lampirkan juga file doc dan pdf yang dapat kamu download dan kamu edit sendiri sesuai kebutuhan.

Dan yang terpenting contoh dibawah ini bisa digunakan untuk melamar menjadi pegawai alfamart, karyawan pabrik, guru, karyawan di bank, juga cpns. Ada pilihan contoh dalam bahasa Indonesia serta bahasa Inggris yang bisa dipakai untuk melamar di BUMN, atau dikirim via email.

1 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar 2018


Surabaya, 9 Februari 2018

Kepada Yth.
PT. Global Manufaktur Indonesia,
Jl. Kalimantan No. 12  Kav. 12, Surabaya 62321
Jawa Timur, Indonesia


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                            : Muhammad Ibrahim
Tempat & tanggal Lahir : Solo, 12 Juni 1989
Alamat                          : Pejagoan, RT 02 RW 05 Kuwarasan, Poncol, Solo
No. HP                         : 085 723 266 222


Dengan ini bermaksud mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu Pimpinan agar sekiranya bisa diterima sebagai karyawan diperusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas Foto 4×6

Demikian untuk menjadikan periksa adanya, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,



Muhammad Ibrahim


2 Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja


Kebumen, 10 Februari 2018
Kepada. Yth. :
Pimpinan Toko Buku Al Hikmah

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan di internet yang saya dapatkan bahwa  TOKO BUKU Al Hikmah membutuhkan karyawan sebagai ADMIN SOSMED.

Yang bertandatangan di bawah ini, saya :

Nama                    :  Suci Indrawati
Tempat/Tgl. Lahir  :  Purwokerto, 12 Januari 1990
Alamat Asal           : Dusun. Lakasantri RT 02 RW 01 Desa Kutisari,
Kecamatan Sidodadi, Kabupaten Purwokerto
Domisili                   : Jl. Pulanggeni 30 Sutogunan Kebumen
Pendidikan Terakhir  : S2
Telepon                   : 0812 2222 2323

Mengajukan lamaran pekerjaan sebagai karyawan di Toko yang Bapak/Ibu pimpin. Bersama ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Fotocopy Identitas Diri (KTP).
  3. Curriculum Vitae
  4. Fotocopy Certificate
  5. Transkrip Nilai
  6. Pas Foto Terbaru 4 x 6

Demikian surat lamaran permohonan kerja yang saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja sebagai karyawan di Toko yang Bapak/Ibu pimpin . Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Suci Indrawati


3 Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD


Surakarta, 11 November 2015 
Kepada Yth :
PT Indofood CBP Sukses Makmur
Jl. Solo – Jogja Km 14


Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama                       : Fajar Setiawan
Tempat, tanggal lahir : Solo, 03 September 1988
Pendidikan               : S1
Alamat                     : Sriwedari, RT.11 / RW.24 Keputren, Solo
Telepon                    : 085730257128

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai karyawan. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

Daftar riwayat hidup
Fotocopy Ijazah
Fotocopy KTP
Fotocopy SKCK dari kepolisian
Pas Foto

Demikian surat permohonan pekerjaan saya buat besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya 



Fajar Setiawan


4 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank


Surabaya, 17 Februari 2018 
Hal  : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth. Bp/Ibu Pimpinan
BANK BNI (persero) Tbk.
Di Tempat

Dengan hormat

Saya dengan keterangan sebagai berikut

Nama                              : Sukuriyo Nugroho
Tempat/Tanggal Lahir       : Surabaya, 2 Januari 1980
Jenis Kelamin                   : Laki – Laki
Pendidikan Terakhir         : Sarjana Akutansi
Nomor Hp                      : 0857232329
Email                              : sukuriyo@gmail.com

Dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran kerja di PT. BANK BNI (Persero) Tbk. Yang Bapak/ Ibu Pimpin. Selanjutnya besar harapan saya agar permohonan dapat dikabulkan dan di tempatkan bekerja di perusahaan tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu, berikut ini saya lampirkan sejumlah dokumen :
  1. Foto copy KTP : satu lembar 
  2. Foto copy Ijazah SMA dan Sarjana
  3. Daftar Riwayat Hidup : satu lembar 
  4. Pas Foto 4 x 6 : dua lembar 
  5. Foto copy Kartu Keluarga : satu lembar
  6. Foto copy Surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian
  7. Sertifikat Pelatihan Komputer

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya bisa menjelaskan secara lebih detail mengenai potensi yang saya miliki.

Demikian surat surat permohonan kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saat ini. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya,


Sukuriyo Nugroho


5 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT


12 Februari 2018

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada. Yth.,
Bpk/Ibu personalia
PT. RAMA Gombong
Jl. Raya Pahlawan No. 21
Gombong

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian Suara Merdeka tanggal 10 Februari 2018 yang isinya menyatakan bahwa PT. RAMA Gombong membuka lowongan pekerjaan untuk posisi operator produksi, maka saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut ini adalah biodata singkat saya,

Nama : Muhammad Lyan
Tempat/ Tanggal lahir : Sidoarjo, 21 Januari 1990
Pendidikan Terakhir : SMK Teknik Mesin Perkakas
Alamat : Jl. Rungkut Industri No 22
Telepon (Hp) : 08312322323

Sebagai bahan pertimbangan dan bahan penilaian, berikut ini saya juga lampirkan beberapa file pendukung, yaitu :
  1. Foto copy ijazah SMK
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Foto 4x6 terbaru
  4. Foto copy surat pengalaman kerja
  5. Foto copy Transkrip Nilai
  6. Foto copy SKCK dari kepolisian

Besar harapan saya bisa mengikuti tes seleksi tertulis dan wawancara agar saya bisa memberikan secara rinci mengenai kemampuan dan keahlian yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas waktu dan perhatian yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Muhammad Lyan


6 Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Dan Menarik


Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Tetapi Menarik
helpshared

7 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
plusgoogle

8 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Dalam bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Dalam bahasa Inggris
contohsuratmu

Berkas yang tidak bisa dipisahkan dari surat lamaran kerja adalah cv atau daftar riwayat hidup, Kamu bisa melihat contoh surat daftar riwayat hidup di artikel contoh cv.

Pada saat melamar pekerjaan, seseorang selain harus mengirimkan surat lamaran kerja, Anda juga akan melalui beberapa tahapan tes sebagai salah satu persyaratan yang harus di ikuti seperti tes tertulis yang bisa berupa tes psikologi dan tes wawancara yang umumnya dilakukan oleh pimpinan HRD dari perusahaan tersebut.

Oleh karena itu sebelum anda melamar ada baiknya anda mempersiapkan semua hal yang berhubungan dengan proses melamar kerja secara matang, misalnya surat lamaran kerja yang telah dibuat secara baik dan benar, mempersiapkan mental untuk menghadapi psikotest dan wawancara kerja, serta jangan lupa meminta restu dan do'a dari kedua orang tua kita. Dengan terus berusaha pantang menyerah serta berdoa di iringi dengan optimisme yang tinggi, Insya Allah bila Tuhan menghendaki semua mempi kita bisa tercapai.

Dari kumpulan contoh surat lamaran kerja lengkap diatas, Anda bisa mengubahnya sesuai dengan data diri anda sendiri, misalnya nama, pendidikan, keahlian yang anda miliki. Usahakan dalam membuat surat lamaran anda membuatnya dengan benar serta jujur sesuai dengan data-data diri anda sendiri.

Jika kamu membutuhkan surat lamaran kerja berbentuk file DOC yang bisa kamu download kamu bisa klik disini.

Demikian contoh surat lamaran kerja yang baik dalam bahasa indonesia semoga bisa membantu pembaca dalam memperoleh pekerjaan yang di inginkan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter