Ad Unit (Iklan) BIG

8 Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Daftar isi [ Tampil ]
Wawancara kerja merupakan waktu yang banyak menentukan diterima atau tidaknya seorang pencari kerja , walaupun anda lolos saat tes tertulis dengan nilai yang boleh dikatakan sempurna tetapi pada saat proses wawancara sikap dan jawaban anda tidak memuaskan sang pewawancara bisa jadi anda akan gagal diterima.

Saya juga pernah mengalami hal tersebut ,saya sudah lolos tahap tes tertulis yang tahapannya luar biasa banyak mulai dari tes berhitung ,tes gambar, dan serangkaian tes tertulis lainnya tetapi pada saat wawancara saya gagal karena saya kurang sesuai dalam menjawab pertanyaan yang di lontarkan pewawancara serta ditambah sikap saya yang tampak seperti orang yang kelelahan ( memang kelelahan sebenarnya karena sehabis melakukan perjalanan naik kereta api sehari semalam nonstop ) dan lebih salahnya lagi saya lupa menjelaskan ketika ditanya kok kamu lemes gitu ?

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja umum yang baik.

Nah belajar dari pengalaman gagal dalam interview kerja tersebut saya akhirnya bisa juga diterima bekerja di sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapan saya , melalui tulisan sederhana ini saya ingin berbagi pengalaman dalam menghadapi proses wawancara kerja semoga dapat membantu pembaca .Berikut tips dari saya :

Tips menghadapi wawancara kerja

1. Usahakan sebisa mungkin anda tidak gugup saat proses interview dimulai karena hanya akan merugikan diri anda sendiri ,santai saja umpamakan anda sedang berbicara dengan teman anda ,tetapi jangan terlalu santai.

2. Saat bertemu dengan pewawancara awali dengan senyuman ramah dan jangan lupa berjabat tangan hal ini dapat menimbulkan kesan awal yang baik bagi anda.

3. Saat anda berbicara dengan pewawancara tatapan anda harus fokus pada pewawancara ( sesekali tataplah matanya secara wajar ) jangan berbicara sambil menunduk atau melihat ke sekeliling terlalu lama karena anda bisa dinilai sebagai orang yang tidak percaya diri.

4. Berpakaianlah yang rapi saat menghadapi proses interview karena penampilan yang rapi dan sopan bisa memberikan penilaian tersendiri .( biasanya saya menggunakan kemeja dan celana panjang berwarna hitam bukan dari bahan jeans dan harus memakai sepatu ya )

5. Potong rambut anda yang rapi walaupun anda tidak menyukai potongan rambut rapi anda harus melakukannya.

6. Jawablah pertanyaan yang diberikan secara jelas ringkas dan jujur jangan bertele-tele apalagi keluar kata ee ee atau anu dan tataplah matanya secara wajar.

7. Bila anda diberikan kesempatan bertanya pada saat wawancara akan berakhir bertanyalah , misalkan tentang kemungkinan anda diteima bekerja di perusahaan tersebut atau bagaimana dan kapan tahapan tes selanjutnya bila anda lulus tes wawancara.

8. Saat proses interview selesai akhiri dengan jabat tangan dan senyuman ramah serta jangan lupa kata terima kasih.

Demikian sedikit tips dari saya semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua , tips diatas sudah saya lakukan saat melakukan proses interview diperusahaan tempat saya bekerja sekarang . Bila anda masih juga gagal jangan cepat menyerah anda bisa mempelajari apa kira-kira kekurangan anda.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter